Senin, 25 Februari 2008

Bebas Asam Urat/Gout

Asam Urat/Gout, sering kita dengar orang menyebutnya. Penyakit Asam Urat / Gout adalah adalah penyakit asam urat yang menyerang sendi dan tendon karena kelebihan asam urat.

Asam Urat / Gout itu apa?
asam urat/gout adalah senyawa sukar larut dalam air yang merupakan hasil akhir metabolisme purin. secara alami purin ada dalam tubuh manusia, juga dalam beberapa makanan (sayur, buah, kacang-kacangan) dan hewan seperti daging, jeroan, ikan sarden.

sakit asam urat gejalanya adalah :
  • rasa nyeri tiba-tiba lalu bengkak, panas, kemerahan, pucat pada sendi akibat timbunan kristal asam urat.
  • sendi pangkal ibu jari kaki adalah tempat yang paling sering terkena serangan gout akut, sendi yang terserang meliputi : tumit, lutut, pergelangan kaki, jari-jari, siku.

penyebabnya adalah :

  1. produksi asam urat dalam tubuh meningkat akibat : gangguan metabolisme purin bawaan, konsumsi makanan ber purin tinggi seperti : daging, jeroan, otak, kerang, kepiting, udang, ikan sardin, keju, kacang tanah, emping/melinjo, bayam, buncis, kol dan minuman beralkohol.
  2. pembuangan asam urat yang berkurang, penyebabnya adalah : ginjal tidak mampu membuang asam urat dari tubuh, akibat minum obat tertentu kayak : Pirazinamid, Ethambutol (obat TBC), HCT (obat diuretik) dan salisilat. Kelaparan / puasa / diet terlalu ketat juga penyebab ginjal gagal membuang purin. Saat tubuh kekurangan kalori, tubuh membakar lemak, zat keton hasil dari pembakaran lemak akan menghambat pengeluaran asam urat oleh ginjal. Gagal ginjal juga penyebab ginjal tidak membuang purin tubuh.

Sebab itu kita harus waspada dengan segala kelebihan gaya hidup, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Demikian juga dengan pola makan, gaya hidup, hingga terhindar dari kelebihan asam urat dalam tubuh.

Tidak ada komentar: